Apa itu Manajemen konsentrasi Sumber Daya Manusia dan apa Job desknya?

Halo semuanya.... tahukah kalian apa itu Manajemen konsentrasi Sumber Daya Manusia? Diblog sebelumnya kita telah membahas mengenai Manajemen konsentrasi Pemasaran, nah... diblog ini kita akan membahasa mengenai Manajemen dengan konsentrasi Sumber Daya Manusia.

Manajemen sumber daya manusia ini memfokuskan pemahaman seputar sumber daya manusia sebagai aset aktif perusahaan, pengelolaan, dan pemanfaatannya melalui teknik analisis fisik serta psikologi agar dapat memberikan dorongan yang produktif. Manajemen Sumber Daya Manusia pada umumnya bertujuan untuk pencarian atau pengrekrutan sumber daya manusia suatu organisasi. Manajemen Sumber daya Manusia sangat berperan penting karena MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) biasanya berguna untuk mengontrol internal dan kredibilitas suatu organisasi.

Nah, konsentrasi ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan ilmu psikologis dan melihat emosional orang didalam dunia bisnis. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan pengembangan sumber daya manusia yang berfungsi melakukan perencanaan sumber daya manusia, penerapan, perekrutan, pelatihan, pengembangan karir karyawan atau pegawai serta melakukan inisiatif terhadap pengembangan organisasional sebuah organisasi atau perusahaan.






Konsentrasi ini terdiri dari beberapa matakuliah focus wajib terhadap Sumber Daya Manusia, matakuliah ini berguna untuk melatih dan memperdalam ilmu kalian mengenai Sumber daya  Manusia. Berikut ini Matakuliahnya :

1.     Manajemen Pengetahuan & Potensi SDM

Matakuliah ini adalah matakuliah  yang dipelajari untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi, serta melihat suatu potensi yang dimiliki oleh setiap orang untuk mewujudkan sesuatu sebagai makhluk sosial

2.   Hubungan Industrial

Mata kuliah ini menjelaskan tentang teori, kebijakan dan praktik dalam hubungan industrial. Dimana mahasiswa mengetahui tentang makna, historis, dan filosofis hubungan industrial, proses, dan mekanisme terjadinya hubungan, aspek-aspek hubungan industrial seperti: hubungan kerja, norma kerja, kondisi kerja, syarat-syarat kerja, jaminan sosial dan kesejahteraan tenaga kerja, organisasi-organisasi perburuhan, keselamatan dan kesehatan kerja, perselisihan hubungan industrial.

3.  Manajemen Kinerja

Manajemen Kinerja ini membahas secara komprehensif tentang konsep dasar manajemen kinerja dan pentingnya kinerja bagi sebuah organisasi. Selain itu, memberikan pemahaman pengetahuan tentang peningkatan kinerja organisasi melalui aspek-aspek sumber daya manusia. Dengan demikian pengetahuan tentang manajemen kinerja ini diharapkan dapat memberikan acuan bagi upaya pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi.

4.      Manajemen Perubahan

Mata kuliah Manajemen Perubahan dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keahlian mahasiswa dalam memahami dampak perubahan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dalam kehidupan nyata, proses perubahan sering tidak sesuai dengan yang diharapkan

5.     Audit SDM

Audit SDM membahas secara komprehensif mengenai sistem dan proses audit manajemen sumberdaya manusia. Audit SDM Memberikan pemahaman tentang audit kompatibilitas, audit fungsi perencanaan dan pengadaan sumberdaya manusia berbasis kompetensi, audit fungsi pengembangan dan pemeliharaan sumberdaya manusia berbasis kompetensi, audit aspek sumberdaya manusia, audit aspek efisiensi dan efektivitas manajemen sumberdaya manusia berbasis kompetensi. Dengan demikian pengetahuan tentang audit SDM diharapkan dapat memberikan acuan bagi upaya proses dan system audit sumberdaya manusia dalam suatu organisasi.

6.   Riset SDM Dan Perilaku

mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan teknik dalam melakukan riset SDM dan perilaku, serta mentransfer kemampuan untuk melakukan riset SDM dengan menggunakan konsep yang benar, sampai membuat laporan riset SDM yang diperlukan dalam pembuatan rencana dan pengambilan keputusan MSDM.

7.    Kepemimpinan

Mata kuliah ini meliputi konsep tentang kepemimpinan, kekuatan pemimpin, gaya-gaya kepemimpinan, sifat-sifat, perilaku kepemimpinan dan pengambilan keputusan. Mempelajari mengenai keterampilan untuk mengatur suatu organisasi, yang dibarengi dengan kemampuan untuk memimpin, mengarahkan, dan memotivasi, dengan cara yang efisien dan efektif.

8.     Budaya Organisasi

Matakuliah ini mempelajari mengenai pentingnya budaya organisasi dalam organisasi bisnis dan organisasi publik serta memahami konsep-konsep budaya organisasi secara komprehensif.  Membantu mengarahkan sumber daya manusia pada pencapaian visi, misi, dan tujuan organisasi.

9.      MSDM Internasional

Matakuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pentingnya MSDM Internasional dalam setiap perusahaan. Menjelaskan perusahaan multinasional tetap dapat berjalan dan beroperasi maksimal di negara yang berbeda-beda dengan mengelola sumber daya manusia yang ada dan berbeda dengan MSDM pada umumnya. Seperti mempekerjakan, mengembangkan dan memberi penghargaan orang di dalam organisasi internasional atau global.

 

Itulah beberapa matakuliah wajib yang berkaitan erat dengan manajemen Konsentrasi Sumber Daya Manusia. Bagaimana kawan-kawan? Apakah kalian berminat untuk memilih konsentrasi SDM ?  Manajemen Sumber Daya Manusia memiliki peran yang sanagt penting dalam kinerja perusahaan, karena dalam pengrekrutan SDM memerlukan proses yang Panjang untuk menentukan SDM yang terbaik. Oleh sebab itu, banyak hal yang perlu dipelajari dalam Manajemen Sumber Daya Manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

5 Website Penyedia Jurnal Untuk Tugas Akhir atau Skripsi