MARKETING MANAGEMENT JOB PROSPECTS
1. What is Marketing Management?
Manajemen Pemasaran mempelajari tentang
perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi proses dan
kegiatan pemasaran barang dan jasa, untuk memenuhi tujuan dari perusahaan atau
organisasi tertentu.
Manajemen Pemasaran secara umum melakukan
perencanaan, tindakan, pengawasan dan evaluasi yang berhubungan dengan proses
memperkenalkan produk/jasa kepada khalayak luas atau konsumen dengan tujuan
agar banyak orang yang mengenal produk dan dengan harapan agar mereka tertarik
untuk membeli produk tersebut.
“Selalu akan ada, bisa
diasumsikan, dibutuhkan untuk beberapa penjualan. Tetapi tujuan pemasaran
adalah untuk membuat penjualan lebih baik dari waktu ke waktu. Tujuan pemasaran
adalah untuk mengetahui dan memahami konsumen dengan baik sehingga produk atau layanan
tersebut cocok untuknya dan menjual dirinya sendiri. Idealnya pemasaran harus
menghasilkan pelanggan yang siap membeli. Maka yang diperlukan hanyalah membuat
produk atau layanan tersedia ”- Peter Drucker.
2.
What is Learned in Marketing Management?
Dalam Manajemen Pemasaran akan dipelajari
mengenai pengembangan konsumen, pergerakan produk dari tangan produsen ke
tangan konsumen. Termasuk pemahaman terkait perilaku dan dinamika konsumen, analisa
permintaan, teori harga, segmentasi pasar, metode dan media periklanan, dan
aspek-aspek pemasaran lainnya.
3.
What are the Benefits of Learning Marketing
Management?
Di Manajemen Pemasaran ini kamu akan dipandu
untuk berpikir kreatif dan inovatif serta tetap up to date dengan perkembangan
tren dan teknologi. Pemasaran adalah salah satu faktor tertentu dalam penentu
suksesnya suatu perusahaan atau produk untuk dikenal dan dipercaya oleh
masyarakat yang menjadi konsumennya, karena itu seorang profesional Manajemen
Pemasaran atau marketer juga merupakan representasi dari perusahaan atau produk
yang dipasarkannya, sehingga penting sekali untuk memiliki kemampuan komunikasi
yang baik. Di era digital ini, kemampuan kamu dalam menggunakan social media
juga menjadi nilai tambah karena kini social media menjadi salah satu media
pemasaran yang efektif.
4.
What About Marketing Management Job Prospects?
Don’t worry about that! Karena Manajemen
Pemasaran termasuk konsentrasi yang memiliki prospek kerja yang cukup bagus dan
menjanjikan lho 😊.
Kamu bisa jadi Sales Representative,
Sales Manager, Digital Marketing Staff dll yang akan dijelaskan setelah ini!
1.
Sales Representative
Sebagian besar perusahaan yang bergerak di
bidang perdagangan, baik barang maupun jasa pasti memiliki fungsi jabatan
sales representative yang merupakan seseorang yang menjadi wakil perusahaan
dalam menjual sebuah produk kepada konsumennya. Jadi, bisa dikatakan bahwa
pekerjaan ini merupakan posisi yang cukup mempengaruhi keberhasilan suatu
perusahaan.
Nah, dalam manajemen pemasaran tentu diajarkan bagaimana melakukan pendekatan kepada konsumen untuk menjual produk, membuka segmen pasar baru bagi perusahaan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penjualan produk secara langsung kepada konsumen. Maka dari itu posisi ini sangat cocok untuk kamu.
2.
Sales Manager
Sales manager memimpin tim penjualan untuk
sebuah perusahaan. Mereka yang menetapkan goal dan menganalisis penjualan. Di
beberapa perusahaan, posisi ini diharuskan untuk punya hubungan baik dengan
pembeli besar dan ditujukan agar pembeli besar tersebut setia.
Untuk kamu yang suka memimpin orang lain,
pekerjaan sebagai sales manager nampaknya bisa menjadi pilihan yang
tepat setelah lulus dari jurusan manajemen pemasaran nanti. Selain itu, menjadi
sales manager merupakan profesi yang cukup menjanjikan. Karena biasanya
selain gaji pokok, kamu juga akan mendapatkan bonus apabila penjualan mencapai
atau melebihi target yang ditetapkan perusahaan.
3.
Digital Marketing Staff
Di era ini, posisi digital marketing banyak
dicari oleh perusahaan. Salah satu alasannya karena hampir semua orang sudah
fasih menggunakan internet dalam kehidupannya sehari-hari, baik hanya untuk
hiburan maupun melakukan pekerjaan. Dalam hal ini, perusahaan pun tidak ingin
kehilangan kesempatan untuk melakukan promosi via internet.
Pekerjaan Digital Marketing bertanggung jawab
terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya
secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), Search
Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video
Marketing, dll.
Maka dari itu, seorang lulusan manajemen
pemasaran tentu memiliki kompetensi yang mumpuni dalam melakukan pekerjaan
tersebut.
4.
Marketing Staff
Sebagian besar kalian mungkin bingung kan apa
perbedaan sales dan marketing? Jadi sales dan marketing adalah dua hal yang
berbeda. Tim marketing atau pemasaran melakukan identifikasi kebutuhan
konsumen supaya tim sales bisa melakukan pekerjaannya yaitu penjualan
secara langsung ke konsumen.
Dibutuhkan pengetahuan yang cukup untuk
melakukan pendekatan kepada konsumen, mengidentifikasi kebutuhan konsumen,
analisis segmen pasar, dan bagaimana perusahaan bisa mengembangkan produknya
sehingga mendapat respon yang baik dari konsumen. Sebagai seorang lulusan
manajemen pemasaran, kamu tentu memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk
menjadi staf marketing.
5. Koordinator Acara
Nah buat kamu yang berpengalaman di organisasi kampus dan sering berperan sebagai event orginizer. Tentunya ini pas banget untuk kamu si kreatif dan senang bertemu orang lain!. Secara garis besar, event planner memiliki tanggung jawab mengemas suatu acara secara kreatif dan menarik sehingga acara tersebut sukses diselenggarakan.
6. Manajer
Periklanan (Iklan Advertising)
Manajer
periklanan bertugas mengatur dan merencanakan kampanye iklan suatu perusahaan.
Orang-orang dalam jabatan ini juga melakukan negosiasi dengan perusahaan advertising
dan melakukan riset pasar dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan.
Semua
kualifikasi pekerjaan tersebut kurang lebih dipelajari dalam bidang studi manajemen
pemasaran. Selain itu, jabatan ini harus diisi oleh orang yang kreatif dan bisa
melihat peluang baru, memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan juga
menguasai teknik riset pasar. Bagaimana apakah kamu tertarik menjadi manajer advertising?
7. PublicRelation
/ Humas
Sama
seperti divisi pemasaran, jabatan public relation juga selalu ada hampir
di setiap perusahaan. Seorang public relation secara umum bertugas untuk
menyebarkan informasi mengenai perusahaan kepada masyarakat luas. Bagaimana
menjadi representasi dari suatu perusahaan agar nama baik perusahaan tetap
terjaga di mata masyarakat.
Selain
lulusan komunikasi, posisi PR juga tak jarang diisi oleh lulusan manajemen
pemasaran. Itu karena keduanya dianggap sama-sama memiliki kemampuan komunikasi
yang baik demi menunjang tercapainya tujuan perusahaan serta memenuhi kepuasan
calon konsumen atau pelanggan.
8. Market Research Analyst
Analis
riset pasar merupakan bagian dari tim marketing perusahaan yang bertugas
melakukan riset pasar. Tugas ini mencakup beberapa kegiatan, seperti terjun
langsung ke lapangan untuk mewawancarai konsumen mengenai kebutuhan produk,
melakukan survei, dan mengidentifikasi tren pasar pada waktu tertentu.
Tujuannya untuk menganalisis segala hal yang berkaitan dengan penjualan.
Pada
akhirnya orang yang bekerja dalam market research ini memberikan
statistik yang digunakan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran, target
pasar, dan lokasi pemasaran termasuk jalur distribusi yang tepat. Semua hal
yang menjadi pekerjaan market research tadi tentu dipelajari dalam
bidang ilmu manajemen pemasaran.
9. Social Media
Manager
Social media manager tugasnya lebih terfokus pada pemasaran lewat media
sosial saja. Melakukan riset tentang topik yang menarik, perencanaan dan
penjadwalan postingan pada akun media sosial, serta berkomunikasi dengan
konsumen menjadi tanggung jawab pekerjaan ini.
Jika
kamu tertarik dengan jurusan manajemen pemasaran dan senang menghabiskan waktu
di dunia maya, mungkin pekerjaan ini bisa menjadi pilihan. Namun di luar itu,
kamu juga wajib punya kompetensi lain yang menunjang pekerjaan ini. Berjiwa
kreatif dan keinginan membantu konsumen adalah dua di antaranya.
10.
Konsultan Bisnis
Jika dari sekian banyak pekerjaan diatas
kurang menarik minat kamu mungkin pekerjaan ini dapat menjadi pelabuhan hatimu.
Konsultan Bisnis dibutuhkan organisasi atau perusahaan untuk melakukan
perencanaan bisnis supaya terhindar dari kerugian finansial.
Selain itu, konsultan bisnis juga membantu kliennya merealisasikan business plan yang telah dibuat dan membantu perusahaan menyelesaikan masalah-masalah yang timbul. Jika kamu memiliki kemampuan problem solving yang baik, kamu akan cocok dengan pekerjaan ini.
Nah
itu perkerjaan yang bisa kalian pilih sebagai lulusan Manajemen Pemasaran!
Pilih yang menurut kalian sesuai dengan passion dan kemampuan kalian apalagi
pekerjaan tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain. Tetap semangat dalam
menuntut ilmu tapi jangan lupakan kesehatan kalian yaaa...
Sekian
dari #Newsletter by googling pertama Himajen. Semoga dapat membantu dan jika
ada yang kalian tahu dari prospek kerja manajemen pemasaran lainnya bisa
ditulis di kolom komentar! See you....
Sumber referensi
Jurusan Manajemen Pemasaran
(Marketing) - Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu
Apa itu Manajemen Pemasaran? Mari
Ketahui Lebih Jauh dan Lengkap (accurate.id)
10 Prospek Kerja Manajemen Pemasaran
yang Terbuka Lebar (bacaterus.com)
Assalamu'alaikum mantaaap
BalasHapusAde artikel konsentrasi lain ga, dri blog himajen ini?
Ada konsentrasi keuangan dan konsentrasi marketing ya, di search aja kak
Hapus