MARKETING MANAGEMENT JOB PROSPECTS



1.      What is Marketing Management?

Manajemen Pemasaran mempelajari tentang perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi proses dan kegiatan pemasaran barang dan jasa, untuk memenuhi tujuan dari perusahaan atau organisasi tertentu.

Manajemen Pemasaran secara umum melakukan perencanaan, tindakan, pengawasan dan evaluasi yang berhubungan dengan proses memperkenalkan produk/jasa kepada khalayak luas atau konsumen dengan tujuan agar banyak orang yang mengenal produk dan dengan harapan agar mereka tertarik untuk membeli produk tersebut.

“Selalu akan ada, bisa diasumsikan, dibutuhkan untuk beberapa penjualan. Tetapi tujuan pemasaran adalah untuk membuat penjualan lebih baik dari waktu ke waktu. Tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami konsumen dengan baik sehingga produk atau layanan tersebut cocok untuknya dan menjual dirinya sendiri. Idealnya pemasaran harus menghasilkan pelanggan yang siap membeli. Maka yang diperlukan hanyalah membuat produk atau layanan tersedia ”- Peter Drucker.

2.      What is Learned in Marketing Management?

Dalam Manajemen Pemasaran akan dipelajari mengenai pengembangan konsumen, pergerakan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen. Termasuk pemahaman terkait perilaku dan dinamika konsumen, analisa permintaan, teori harga, segmentasi pasar, metode dan media periklanan, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

3.      What are the Benefits of Learning Marketing Management?

Di Manajemen Pemasaran ini kamu akan dipandu untuk berpikir kreatif dan inovatif serta tetap up to date dengan perkembangan tren dan teknologi. Pemasaran adalah salah satu faktor tertentu dalam penentu suksesnya suatu perusahaan atau produk untuk dikenal dan dipercaya oleh masyarakat yang menjadi konsumennya, karena itu seorang profesional Manajemen Pemasaran atau marketer juga merupakan representasi dari perusahaan atau produk yang dipasarkannya, sehingga penting sekali untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Di era digital ini, kemampuan kamu dalam menggunakan social media juga menjadi nilai tambah karena kini social media menjadi salah satu media pemasaran yang efektif.

4.      What About Marketing Management Job Prospects?

Don’t worry about that! Karena Manajemen Pemasaran termasuk konsentrasi yang memiliki prospek kerja yang cukup bagus dan menjanjikan lho 😊.

Kamu bisa jadi Sales Representative, Sales Manager, Digital Marketing Staff dll yang akan dijelaskan setelah ini!

 

1.      Sales Representative


Sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, baik barang maupun jasa pasti memiliki fungsi jabatan sales representative yang merupakan seseorang yang menjadi wakil perusahaan dalam menjual sebuah produk kepada konsumennya. Jadi, bisa dikatakan bahwa pekerjaan ini merupakan posisi yang cukup mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan.

Nah, dalam manajemen pemasaran tentu diajarkan bagaimana melakukan pendekatan kepada konsumen untuk menjual produk, membuka segmen pasar baru bagi perusahaan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penjualan produk secara langsung kepada konsumen. Maka dari itu posisi ini sangat cocok untuk kamu.

2.      Sales Manager


Sales manager memimpin tim penjualan untuk sebuah perusahaan. Mereka yang menetapkan goal dan menganalisis penjualan. Di beberapa perusahaan, posisi ini diharuskan untuk punya hubungan baik dengan pembeli besar dan ditujukan agar pembeli besar tersebut setia.

Untuk kamu yang suka memimpin orang lain, pekerjaan sebagai sales manager nampaknya bisa menjadi pilihan yang tepat setelah lulus dari jurusan manajemen pemasaran nanti. Selain itu, menjadi sales manager merupakan profesi yang cukup menjanjikan. Karena biasanya selain gaji pokok, kamu juga akan mendapatkan bonus apabila penjualan mencapai atau melebihi target yang ditetapkan perusahaan.

3.      Digital Marketing Staff


Di era ini, posisi digital marketing banyak dicari oleh perusahaan. Salah satu alasannya karena hampir semua orang sudah fasih menggunakan internet dalam kehidupannya sehari-hari, baik hanya untuk hiburan maupun melakukan pekerjaan. Dalam hal ini, perusahaan pun tidak ingin kehilangan kesempatan untuk melakukan promosi via internet.

Pekerjaan Digital Marketing bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dll.

Maka dari itu, seorang lulusan manajemen pemasaran tentu memiliki kompetensi yang mumpuni dalam melakukan pekerjaan tersebut.

4.      Marketing Staff


Sebagian besar kalian mungkin bingung kan apa perbedaan sales dan marketing? Jadi sales dan marketing adalah dua hal yang berbeda. Tim marketing atau pemasaran melakukan identifikasi kebutuhan konsumen supaya tim sales bisa melakukan pekerjaannya yaitu penjualan secara langsung ke konsumen.

Dibutuhkan pengetahuan yang cukup untuk melakukan pendekatan kepada konsumen, mengidentifikasi kebutuhan konsumen, analisis segmen pasar, dan bagaimana perusahaan bisa mengembangkan produknya sehingga mendapat respon yang baik dari konsumen. Sebagai seorang lulusan manajemen pemasaran, kamu tentu memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi staf marketing.

5.      Koordinator Acara


Nah buat kamu yang berpengalaman di organisasi kampus dan sering berperan sebagai event orginizer. Tentunya ini pas banget untuk kamu si kreatif dan senang bertemu orang lain!. Secara garis besar, event planner memiliki tanggung jawab mengemas suatu acara secara kreatif dan menarik sehingga acara tersebut sukses diselenggarakan.

6.      Manajer Periklanan (Iklan Advertising)


Manajer periklanan bertugas mengatur dan merencanakan kampanye iklan suatu perusahaan. Orang-orang dalam jabatan ini juga melakukan negosiasi dengan perusahaan advertising dan melakukan riset pasar dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan.

Semua kualifikasi pekerjaan tersebut kurang lebih dipelajari dalam bidang studi manajemen pemasaran. Selain itu, jabatan ini harus diisi oleh orang yang kreatif dan bisa melihat peluang baru, memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan juga menguasai teknik riset pasar. Bagaimana apakah kamu tertarik menjadi manajer advertising?

7.      PublicRelation / Humas


Sama seperti divisi pemasaran, jabatan public relation juga selalu ada hampir di setiap perusahaan. Seorang public relation secara umum bertugas untuk menyebarkan informasi mengenai perusahaan kepada masyarakat luas. Bagaimana menjadi representasi dari suatu perusahaan agar nama baik perusahaan tetap terjaga di mata masyarakat.

Selain lulusan komunikasi, posisi PR juga tak jarang diisi oleh lulusan manajemen pemasaran. Itu karena keduanya dianggap sama-sama memiliki kemampuan komunikasi yang baik demi menunjang tercapainya tujuan perusahaan serta memenuhi kepuasan calon konsumen atau pelanggan.

8.      Market Research Analyst

Analis riset pasar merupakan bagian dari tim marketing perusahaan yang bertugas melakukan riset pasar. Tugas ini mencakup beberapa kegiatan, seperti terjun langsung ke lapangan untuk mewawancarai konsumen mengenai kebutuhan produk, melakukan survei, dan mengidentifikasi tren pasar pada waktu tertentu. Tujuannya untuk menganalisis segala hal yang berkaitan dengan penjualan.

Pada akhirnya orang yang bekerja dalam market research ini memberikan statistik yang digunakan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran, target pasar, dan lokasi pemasaran termasuk jalur distribusi yang tepat. Semua hal yang menjadi pekerjaan market research tadi tentu dipelajari dalam bidang ilmu manajemen pemasaran.

9.      Social Media Manager


Social media manager tugasnya lebih terfokus pada pemasaran lewat media sosial saja. Melakukan riset tentang topik yang menarik, perencanaan dan penjadwalan postingan pada akun media sosial, serta berkomunikasi dengan konsumen menjadi tanggung jawab pekerjaan ini.

Jika kamu tertarik dengan jurusan manajemen pemasaran dan senang menghabiskan waktu di dunia maya, mungkin pekerjaan ini bisa menjadi pilihan. Namun di luar itu, kamu juga wajib punya kompetensi lain yang menunjang pekerjaan ini. Berjiwa kreatif dan keinginan membantu konsumen adalah dua di antaranya.

10.  Konsultan Bisnis


Jika dari sekian banyak pekerjaan diatas kurang menarik minat kamu mungkin pekerjaan ini dapat menjadi pelabuhan hatimu. Konsultan Bisnis dibutuhkan organisasi atau perusahaan untuk melakukan perencanaan bisnis supaya terhindar dari kerugian finansial.

Selain itu, konsultan bisnis juga membantu kliennya merealisasikan business plan yang telah dibuat dan membantu perusahaan menyelesaikan masalah-masalah yang timbul. Jika kamu memiliki kemampuan problem solving yang baik, kamu akan cocok dengan pekerjaan ini.

Nah itu perkerjaan yang bisa kalian pilih sebagai lulusan Manajemen Pemasaran! Pilih yang menurut kalian sesuai dengan passion dan kemampuan kalian apalagi pekerjaan tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain. Tetap semangat dalam menuntut ilmu tapi jangan lupakan kesehatan kalian yaaa...

Sekian dari #Newsletter by googling pertama Himajen. Semoga dapat membantu dan jika ada yang kalian tahu dari prospek kerja manajemen pemasaran lainnya bisa ditulis di kolom komentar! See you....

 

Sumber referensi

Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing) - Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu

Apa itu Manajemen Pemasaran? Mari Ketahui Lebih Jauh dan Lengkap (accurate.id)

10 Prospek Kerja Manajemen Pemasaran yang Terbuka Lebar (bacaterus.com)

 

Komentar

  1. Assalamu'alaikum mantaaap
    Ade artikel konsentrasi lain ga, dri blog himajen ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada konsentrasi keuangan dan konsentrasi marketing ya, di search aja kak

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"