Tahukah kamu, Apa itu Analisis SWOT ?

 Haiii... Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis.

Tahukah kamu , Apa itu "Analisis SWOT" ?

Analisis SWOT dibuat pada tahun 1960-an oleh Albert S Humhrey dari Stanford Research Institute. Pada saat itu dia memimpin proyek riset pada Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. 

SWOT merupakan singkatan dari Strength (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunity (Peluang), Threats (Ancaman). Analisis SWOT merupakan metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan  mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. 

Dalam merencanakan strategi dan menganalisis suatu masalah, tentunya kita sering melihat beberapa faktor yang ada di sekitar untuk memetakan satu persatu. Dari Pemetaan hal-hal yang ada dari rencana maupun permasalahan tersebut, maka secara perlahan kita tentunya akan menemukan suatu rencana yang tepat ataupun cara penyelesaian suatu masalah tersebut. Merencanakan suatu strategis ataupun menganalisis suatu hal , terutama dalam bidang bisnis, pastinya akan jauh lebih mudah jika kita menemukan cara yang tepat dalam proses menganalisisnya.

Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah kisi-kisi yang sederhana.


Faktor yang mempengaruhi

Analisis SWOT terbagi menjadi 2 faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal terdiri dari strength (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan), dimana Faktor internal dalam hal ini adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam bisnis tersebut. Apabila hasil analisis menunjukkan kekuatan yang lebih banyak dari kelemahan, dampaknya pasti akan sangat baik bagi suatu bisnis ‒ dan sebaliknya. Faktor internal ini mencakup kelebihan dan kekurangan yang dimiliki perusahaan/bisnis, finansial, dan sumber daya yang dimiliki.

Sedangkan faktor eksternal terdiri dari Opppurtunity (peluang) dan threats (ancaman), faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar suatu bisnis. Hal-hal yang ada dalam faktor eksternal adalah hal-hal yang tidak terlibat langsung dengan aktivitas bisnis. Faktor eksternal mencakup budaya, lingkungan, sosial politik, sumber modal, ekonomi, ideologi, peraturan pemerintah, tren, perkembangan teknologi, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi. 

  • strengths (Kekuatan), Komponen dalam analisa SWOT yang pertama adalah strengths atau bisa kita artikan sebagai kekuatan. Dari sini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang menjadi kekuatan dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan.
  • Weaknesses (kelemahan), Komponen dalam analisa SWOT yang kedua adalah weakness atau bisa kita artikan sebagai kelemahan. Dari sini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang menjadi kelemahan dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan.
  • Opportunity (Peluang), Komponen dalam analisis SWOT yang ketiga adalah opportunities atau bisa kita artikan sebagai peluang. Dari sini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang menjadi peluang dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan.
  • Threats (Ancaman), Komponen dalam analisis SWOT yang keempat adalah opportunities atau bisa kita artikan sebagai ancaman. Dari sini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang menjadi ancaman dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan.


Tujuan Analisis SWOT

Analisis Swot merupakan suatu metode yang termudah dalam melakukan perencanaan suatu strategi yanag secara khusus di dunia bisnis. Analisis SWOT memiliki tujuan utama sebagai berikut :

  1. memudahkan dalam menemukan faktor-faktor penting
  2. memprediksi berbagai masalah yang mungkin timbul
  3. mengetahui posisi suatu bisnis ditengah pusaran persaingan
  4. memberikan kesempatan untuk bisnis berkembang lebih pesat
  5. memudahkan dalam pengambilan keputusan



Manfaat Analisis SWOT

Manfaat analisis SWOT adalah memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kekuataan, memperbaiki kelemahan, mempertahankan dan memanfaatkan peluang yang ada , serta menghindari potensi ancaman yang mungkin akan terjadi. Analisis ini juga berguna untuk menetapkan prioritas apa saja yang harus didahulukan oleh suatu bisnis. Dengan demikian, suatu bisnis dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar, peluang dan minat yang bisa dimanfaatkan dan tingginya persaingan pasar dengan kompetitor.


Cara menggunakan Analisis SWOT

Penggunaan analisis SWOT dasarnya cukup mudah untuk menyusun rencana aatau strategi bisnis yang akan dibangun. Berikut ini beberapa tahapan yang dapat dilakukan agar dapat menggunakan metode analisis SWOT :

Tabel Proses Analisis SWOT
(Sumber: http://library.binus.ac.id/eColls/e
Thesisdoc/Bab2HTML
/2012201964SIBab2001/page23.html)

  1. Tentukan Tujuan yang akan Dicapai Secara Rinci, Jelas, dan Rasional
  2. Buat Diagram atau Matriks Analisa SWOT
  3. Bentuk Tim Perencana dan Lakukan Brainstroming
  4. Susun Pertanyaan Penting dalam Empat Unsur Analisa SWOT
  5. Riset dengan mempertimbangkan kompetitor
  6. menganalisis faktor eksternal dengan Porter's Five Forces


Kapan waktu yang tepat untuk Analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah metode yang berkala , karena seiring berjalannya waktu banyak perubahan yang harus kita analisis ulang. Alangkah baiknya untuk melakukan analisis SWOT dilakukan setiap 3 bulan atau 6 bulan dalam setahun.



Berikut ini adalah situasi yang tepat untuk kita menggunakan analisis SWOT sebagai strategi atau metode dalam mengembangkan bisnis :

  1. Saat internal bisnis mengalami perubahan
  2. Saat situasi pasar berganti atau pasar baru
  3. Saat ingin membuat perencanaan bisnis
  4. Ketika menemukan keunggulan kompetitif
  5. Mengubah pemasok atau menegosiasikan kontrak baru


Siapa yang dapat  melakukan analisis SWOT?

Agar analisis SWOT efektif, pendiri dan pemimpin perusahaan atau bisnis perlu terlibat secara mendalam. Ini bukan tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain. Namun, pemimpin perusahaan atau pemilik bisnis juga tidak boleh melakukan pekerjaan sendiri dalam menganalisis. Untuk mendapatkan hasil yang baik, perlu dikumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif berbeda tentang perusahaan/bisnis. Pilihlah orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan, mulai dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk. Setiap orang harus memiliki bagian dalam hal ini.

Perusahaan yang inovatif bahkan dapat melihat di luar jajaran internal mereka sendiri ketika mereka melakukan analisis SWOT dan mendapatkan masukan dari pelanggan untuk menambahkan ide unik mereka ke dalam pertimbangan keputusan bisnis.

Jika kita memulai atau menjalankan bisnis sendiri, kita masih dapat melakukan analisis SWOT. kita dapat mengambil sudut pandang tambahan dari orang-orang terdekat kita yang tahu sedikit tentang bisnis kita, akuntan , atau bahkan vendor dan pelanggan. Kuncinya adalah memiliki sudut pandang yang berbeda. Bisnis yang menggunakan analisis SWOT untuk menilai situasi kita saat ini dan menentukan strategi untuk bergerak maju.

Bagi pemula, analisis SWOT adalah bagian dari proses perencanaan bisnis. Ini akan membantu menyusun strategi agar kita dapat memulai dengan langkah yang benar dan mengetahui arah yang akan kita tuju.


Contoh Analisis SWOT

Analisis SWOT dalam bisnis Manufaktur

Source : https://www.ekrut.com/media/contoh-analisis-swot


Analisis SWOT dalam UKM (Usaha Kecil Menengah)

Source : https://www.ekrut.com/media/contoh-analisis-swot


-Himajen Newsletter-


Komentar

Postingan populer dari blog ini

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"

MARKETING MANAGEMENT JOB PROSPECTS