PENGENALAN KAMPUS MANAJEMEN 2023 : Penyambutan Mahasiswa Baru Manajemen sebagai bagian dari keluarga HIMAJEN

 HIMAJEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA setiap tahun selalu menyelenggarakan agenda tahunan pengenalan lingkungan kampus dalam rangka menyambut mahasiswa baru jurusan Manajemen Reg. A dan Manajemen kelas internasional. Dan pada tahun ini, kegiatan tersebut berganti nama menjadi PEKAN (Pengenalan Kampus Manajemen) yang dimana sebelumnya bernama PMB (Pembinaan Mahasiswa Baru). PEKAN kali ini dilaksanakan dengan tema “Menanamkan Jiwa Mahasiswa Baru Reg. A yang BERKUALITAS (Berintegritas, Kuat, Loyal, Intelektual, dan Solid)”. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kampus Manajemen yaitu : 

  1. Mahasiswa Baru Manajemen Reg. A FEB UNTAN angkatan 2023 mengerti tata tertib dan cara beretika yang baik di lingkungan kampus FEB UNTAN.
  2. Mahasiswa Baru Manajemen Reg. A FEB UNTAN angkatan 2023 mengerti dan paham tentang pentingnya berorganisasi.
  3. Mahasiswa Baru Manajemen Reg. A angkatan 2023 dapat mengenal HIMAJEN FEB UNTAN sebagai organisasi yang menghimpun mahasiswa manajemen dengan baik, sehingga nantinya mereka bisa tertarik, berinisiatif, dan aktif dalam mengikuti dan membersamai kegiatan HIMAJEN FEB UNTAN kedepannya.
Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 23 September 2023, pada pukul 07:00 pagi sampai 16.00 sore di ruangan B14-B16 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA. Agenda ini dihadiri oleh 2 pemateri yang berpengalaman di bidangnya yaitu pada materi pertama ada Arman Jaya, S.Pd.I., M.M. dan pemateri kedua ada Galang Setiadi, M. Rizky Saputra, Rizky Rianto Saputra, M. Iqbal Attalarik F.

Agenda ini diawali dengan kedatangan Mahasiswa Baru Reg. A pada pukul 6:30 pagi. Mahasiswa baru berkumpul di parkiran kanopi di depan perpustakaan FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA. Setelah itu kaderisasi mengecek perlengkapan wajib yang dibawa oleh mahasiswa baru seperti 2 Botol Air 1500ml, Koran, 2 Buah Roti, Alat Ibadah (Muslim), Obat Pribadi dan Alat Tulis. Setelah itu para mahasiswa baru diarahkan untuk memasuki ruangan. Sembari menunggu para tamu undangan hadir, para mahasiswa baru dipersilahkan untuk menyantap roti yang sudah mereka bawa dari rumah.


Setelah seluruh tamu undangan telah hadir dan situasi di dalam ruangan sudah terkondisikan, Sela dari bidang Keilmuan HIMAJEN selaku mc pun mulai membuka acara. Dan tidak lupa juga untuk membaca doa yang kemudian dipimpin oleh Bima dari bidang Humas selaku PJ doa, supaya seluruh kegiatan pada hari itu dapat berjalan dengan lancar.

Untuk menambahkan rasa cinta terhadap Negeri, para peserta yang berada di dalam ruangan dipersilahkan untuk berdiri dan menyanyikan lagu wajib nasional yaitu “Indonesia Raya” kemudian, kata sambutan dari Ketua Panitia, Ketua Umum HIMAJEN periode 2023/2024, Perwakilan Ketua BEM, Ketua Program Studi S1 Manajemen yang sekaligus membuka acara.


Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Bapak Arman Jaya S.Pd.I.,M.M. yang memberikan materi dengan tema “Berperilaku dan Berpola Pikir Selayaknya Mahasiswa”. Penyampaian materi oleh pemateri pertama menyampaikan bagaimana seharusnya bertindak atau berperilaku yang benar sebagai mahasiswa baik di lingkungan kampus maupun diluar lingkungan. serta bagaimana pola pikir yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa agar bisa menjadi mahasiswa yang baik kedepannya.


Lalu acara dilanjutkan dengan penyelenggaraan "Talk Show" bersama 4 pemateri yaitu Galang Setiadi, M. Rizky Saputra, Rizky Rianto Saputra, dan M. Iqbal Attalarik F yang merupakan orang-orang hebat yang tentunya berpengalaman dalam berorganisasi dan pastinya sudah merasakan dampak positif dari berorganisasi. dan Talk Show kali ini mengusung tema “Pentingnya Berorganisasi”, yang mana hal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para mahasiswa baru tentang apa saja yang bisa diperoleh dan dipelajari dari keikutsertaan atau partisipasinya di dalam suatu keorganisasian. 


Acara selanjutnya yaitu dilanjutkan dengan pengenalan struktural kampus di pandu oleh Priska dan Ririn dari bidang Advokasi, penampilan video dari HIMAJEN, video tersebut berisikan mengenai kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh HIMAJEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA. Setelah itu ada penampilan sebuah pensi yang diisi oleh Puput Lestari selaku vokalis, Adrian Bosrin sebagai gitaris. Kemudian masuk ke acara pengenalan dari masing-masing pengurus HIMAJEN 2023/2024 di hadapan seluruh mahasiswa baru manajemen FEB Untan. Dilanjutkan pengenalan baju angkatan Mahasiswa Baru Manajemen Reg. A angkatan 2023 yang dibawakan oleh Kepala Bidang Kewirausahaan Pujah Lestari, dan Pengenalan Program Kerja JEFCO yang disampaikan oleh Kepala Bidang SENIBOR Oloan Salomo dan Nur Kholis Farhan sebagai staff bidang SENIBOR. Acara selanjutnya yaitu penampilan vidio dari pemenang video kreatif yang memiliki 3 pemenang, masing-masing pemenang mendapatkan hadiah.



Memasuki penghujung acara diadakan pemilihan DANJEN 2023 atau komandan jenderal. Danjen sendiri merupakan sebutan untuk ketua angkatan jurusan Manajemen. Dalam pemilihan ini, dari pihak HIMAJEN memberikan kesempatan kepada para mahasiswa baru untuk mengajukan diri sebagai calon DANJEN 2023. Pada saat itu terdapat 8 orang yang mencalonkan diri yaitu 8 orang laki-laki. Dari HIMAJEN sendiri dalam pemilihan DANJEN menggunakan sistem voting atau pengambilan suara. Para calon DANJEN menyampaikan visi dan misinya agar dapat terpilih sebagai DANJEN. Setelah itu, dilakukan voting dan suara terbanyak akan menjadi DANJEN angkatan 2023.Yang terpilih adalah Adip dari kelas A Manajemen Reg.A.

Selesainya pemilihan DANJEN dilanjutkan dengan penampilan pensi dari peserta di lapangan basket, tepatnya di penghujung acara adalah sesi foto dokumentasi bersama. 


Selesailah acara Pengenalan Kampus Manajemen (PEKAN) 2023 pada hari itu. HIMAJEN berharap apa yang telah disampaikan dalam pelaksanaan agenda tersebut dapat menjadi pedoman di kampus hijau FEB UNTAN,dan juga modal awal untuk mahasiswa baru yang ingin berorganisasi.

Mungkin sekian yang dapat kami tuliskan dalam blog kali ini, jika ada kesalahan dalam penulisan tempat, nama, atau gelar kami ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatiannya, sampai jumpa di blog selanjutnya




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

5 Website Penyedia Jurnal Untuk Tugas Akhir atau Skripsi