Apa itu Konsentrasi Manajemen Pemasaran dan Jobdesknya?
Halo, semua….. Apa itu Konsentrasi? Konsentrasi dalam Perkuliahan adalah pengkhususan studi yang akan kita ambil dalam sebuah jurusan/prodi yang mempelajari suatu bidang keilmuan secara lebih spesifik dan terarah. Hal ini akan membawa kita ke dalam prospek kerja yang diminati sesuai dengan konsentrasi yang diambil. Nah, diblog ini kita akan membahas secara rinci mengenai salah satu konsentrasi yang ada di jurusan Manajemen, yaitu Manajemen Pemasaran. Konsentrasi Manajemen Pemasaran merupakan konsentrasi yang juga sangat diminati banyak mahasiswa, kira-kira ap aitu manajemen Pemasaran ?
Manajemen Pemasaran atau Marketing Management
merupakan salah satu jenis manajemen yang dibutuhkan untuk semua orang dan bisnis,
Manajemen Pemasaran ini berkaitan dengan produk atau jasa supaya dapat dikenal
banyak orang. Manajemen Pemasaran merupakan analisis perencanaan, implementasi, dan
pengendalian atas program-program yang didesain untuk menciptakan, membangun
dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai
tujuan-tujuan organisasional atau tujuan-tujuan perusahaan. Manajemen
pemasaran juga bertugas mengukur dan menganalisis strategis proses pemasaran
suatu perusahaan maupun organisasi. Manajemen pemasaran bertugas sangat penting
dalam perusahaan atau organisasi karena dengan adanya manajemen pemasaran
perusahaan bisa meraih target pasar yang diinginkan dan mendapat lebih banyak
konsumen.
Fungsi
Manajemen Pemasaran adalah menganalisi untuk mengetahui keadaan pasar dan
lingkungan pemasarannya sehingga dapat melihat seberapa besar peluang untuk
bisa bersaing, merebut pasar dan ancaman yang didapat. Berikut ini adalah
beberapa fungsi pemasaran :
Analisis
Pasar
Untuk mengetahui peluang dan ancaman serta kebutuhan dan keinginan konsumen ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses kegiatan analisis pasar yaitu: analisis terhadap peluang dan ancaman, serta analisis perilaku konsumen.
Segmentasi
pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda, di mana setiap kelompok mempunyai ciri yang hampir sama. Dengan melakukan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya di bidang pemasaran dapat digunakan lebih efektif dan efisien.
Menetapkan
pasar sasaran
Menetapkan pasar sasaran berarti memberikan nilai keaktifan setiap bagian kemudian memilih salah satu dari bagian pasar atau lebih untuk dilayani. Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi: evaluasi bagian pasar (ukuran dan pertumbuhan bagian seperti data tentang usia nasabah, pendapatan, jenis kelamin dari setiap segmen), struktural yang menarik dilihat dari segi profitabilitas, dan sasaran serta sumber daya yang dimiliki.
Penempatan
pasar
Perusahaan yang baru harus mampu melakukan identifikasi posisi pesaing yang ada sebelum menentukan penempatannya sendiri.
Perencanaan pemasaran
Aktivitas pemasaran (marketing) yang dilakukan sebuah perusahaan penting untuk dikoordinasikan dan diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan umumnya dan tujuan bidang pemasaran khususnya.
Nah, biasanya sebelum
kita memilih konsentrasi, beberapa Universitas menerapkan kurikulum dimana
sebelum mengambil konsentrasi, semua mahasiswa harus mengambil matakuliah
prasyarat konsentrasi seperti mata kuliah Manajemen Pemasaran, Keuangan dan
SDM. Itu semua harus diambil bersamaan, gunanya untuk memberikan mahasiswa
gambaran mengenai masing-masing konsentrasi supaya mahasiswa lebih bijak dalam
memilih konsentrasi.
Dalam matakuliah manajemen pemasaran , dasarnya mempelajari mengenai sifat-sifat permintaan. Sebagai berikut :
- Permintaan Negatif
- Nodemand (tidak ada permintaan)
- Latent demand (permintaan tersembunyi)
- Faltering Demand (Permintaan menurun)
- Irregular Demand (Permintaan yang tidak teratur)
- Full demand (Permintaan penuh)
- Overfull demand(permintaan yang berlebihan)
- Unwholesome demand (permintaan tidak sehat)
Matakuliah
apa saja yang berhubungan dengan Manajemen Pemasaran sih???
1. Manajemen Merek
Matakuliah yang mempelajari tentang suatu merek dimana fungsi pemasaran yang menggunakan strategi dan
teknik untuk menganalisis dan merencanakan bagaimana merek dipersepsikan di
pasar. Ini bertujuan untuk meningkatkan nilai merek yang dirasakan secara
keseluruhan dalam jangka panjang dan membangun basis pelanggan setia
melalui asosiasi merek yang positif. Manajemen Merek membahas Brand Personality, Brand
Equity, Brand Religion, Brand Attachment, Brand Love, Brand Trust.. Pemahaman
yang komprehensif akan memungkinkan mahasiswa untuk membuat strategi merek
disesuaikan dengan tantangan yang unik dan kemungkinan menghadapi masalah merek
setiap saat
2. Komunikasi pemasaran
Matakuliah ini umumnya mempelajari mengenai pemahaman salah
satu aspek pemasaran yaitu promosi/komunikasi pemasaran lebih mendalam.
Matakuliah ini memberikan penekanan mengenai betapa pentingnya konsep komunikasi pemasaran yanag baik untuk
meningkatkan
ekuitas merek, dan memengaruhi perilaku pembelian, serta membahas secara
menyeluruh mengenai semua aspek program komunikasi pemasaran secara terpadu
yaitu periklanan, promosi penjualan, pengemasan, penentuan merek, point of
purchase, humas yang berorientasi pemasaran, sponsorship, dan personal selling.
3. Perilaku Konsumen
Matakuliah perilaku konsumen merupakan matakuliah yang membhasa
tentang kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yang relavan
dalam proses pengambilan keputusan konsumen secara terpadu dalam strategi
pemasaran. Teori prilaku untuk memahami perilaku konsumen,
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengembangkan strategi
Pemasaran, tipe-tipe konsumen dan segmentasi pasar, teori tentang pengambilan
keputusan konsumen, strategii pemasaran, konsumerisme, Undang-undang
Perlindungan Konsumen, Etika Bisnis dan tanggungjawab sosial perusahaan.
4. Pemasaran jasa
Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan yang dibutuhkan
untuk menerapkan strategi jasa demi
keunggulan kompetitif di dalam industry, termasuk kerangka kerja untuk manajemen pemasaran yang
berfokus pada pelanggan, dan strategi untuk meningkatkan kepuasan dan retensi
pelanggan melalui pelayanan.
5. Pemasaran digital
Matakuliah pemasaran Digital membahas tentang bagaimana proses pemasaran suatu produk yang dilakukan
melalui sistem daring atau internet. Mempelajari cara promosi produk
melalui media digital dengan harapan mampu mencapai konsumen dengan cepat,
tepat, personal, dan relevan.
6. Riset pemasaran
Matakuliah Riset pemasaran merupakan matakuliah yang
mempelajari konsep, metode dan teknik-teknik dalam melaksanakan riset
pemasaran. Alat analisis juga menjadi pokok bahasan dalam riset pemasaran
dengan berbagai aplikasi statistic yang memanfaatkan program komputerisasi. mahasiswa
akan belajar peran riset pemasaran dalam pengambilan keputusan manajemen, merumuskan
permasalahan menjadi suatu desain penelitian, mendesain instrumen pengumpulan
data, mengumpulkan dan menyiapkan data, melakukan analisis data menggunakan
berbagai teknik statistik, hingga menuliskan dan menyajikan hasil analisis data
dalam suatu tulisan ilmiah.
7. Pemasaran strategis
Mata kuliah Strategi Pemasaran adalah mata kuliah yang
membahas konsep-konsep dasar yang relevan dengan proses perencanaan,
pengendalian dan pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran, baik strategik,
manajerial maupun operasional.
8. Manajemen pemasaran
Internasional
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami berbagai
konsep dan metode pemasaran internasional dengan memperhatikan aspek ekonomi,
sosial, budaya, politik, hukum dunia. pemasaran dalam lingkup manca negara.
Pemasaran Internasional berfokus pada penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan
proses manajemen dalam rangka penyaluran ide, barang, atau jasa perusahaan
kepada konsumen di berbagai negara. Kamu juga akan mempelajari komunikasi
bisnis dan manajemen lintas budaya, hukum bisnis internasional, serta belajar
memahami karakteristik konsumen manca negara, serta banyak lagi pengetahuan
akan bisnis dan pemasaran yang bersifat global.
9. Bisnis Ritel
Matakuliah ini membahas bisnis yang melibatkan penjualan barang atau jasa kepada
konsumen dalam jumlah satuan atau eceran. Konsumen yang membeli produk atau jasa secara eceran ini bertujuan
untuk mengonsumsinya atau menggunakannya secara pribadi dan tidak menjualnya
kembali.
Apasih
Job desk dari Manajemen Pemasaran ??
Job
desk atau tugas pokok dari manajemen pemasaran adalah memasarkan produk
perusahaan sehingga mencapai tingkat keuntungan jangka panjang, menjamin
kelangsungan hidup serta pengembangan perusahaan. Perlu kita ketahui Manajemen
pemasaran tidak akan pernah terlepas dari permintaan. Seperti yang disebutkan
diatas, permintaan dibagi menjadi beberapa jenis permintaan.
Strategi
Manajemen Pemasaran yang Efektif :
- Tentukan Tujuan dan KP
- Identifikasi target audiens
- Selalu melakukan Analisa data
- Mengembangkan rencana implementasi dari strategi pemasaran
- Selalu memantau tren terbaru
Komentar
Posting Komentar