Apa itu Konsentrasi Manajemen Pemasaran dan Jobdesknya?

Halo, semua….. Apa itu Konsentrasi? Konsentrasi dalam Perkuliahan adalah pengkhususan studi yang akan kita ambil dalam sebuah jurusan/prodi yang mempelajari suatu bidang keilmuan secara lebih spesifik dan terarah. Hal ini akan membawa kita ke dalam prospek kerja yang diminati sesuai dengan konsentrasi yang diambil. Nah, diblog ini kita akan membahas secara rinci mengenai salah satu konsentrasi yang ada di jurusan Manajemen, yaitu Manajemen Pemasaran. Konsentrasi Manajemen Pemasaran merupakan konsentrasi yang juga sangat diminati banyak mahasiswa, kira-kira ap aitu manajemen Pemasaran ?




Manajemen Pemasaran atau Marketing Management merupakan salah satu jenis manajemen yang dibutuhkan untuk semua orang dan bisnis, Manajemen Pemasaran ini berkaitan dengan produk atau jasa supaya dapat dikenal banyak orang. Manajemen Pemasaran merupakan analisis perencanaan, implementasi, dan pengendalian atas program-program yang didesain untuk menciptakan, membangun dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional atau tujuan-tujuan perusahaan. Manajemen pemasaran juga bertugas mengukur dan menganalisis strategis proses pemasaran suatu perusahaan maupun organisasi. Manajemen pemasaran bertugas sangat penting dalam perusahaan atau organisasi karena dengan adanya manajemen pemasaran perusahaan bisa meraih target pasar yang diinginkan dan mendapat lebih banyak konsumen.

Fungsi Manajemen Pemasaran adalah menganalisi untuk mengetahui keadaan pasar dan lingkungan pemasarannya sehingga dapat melihat seberapa besar peluang untuk bisa bersaing, merebut pasar dan ancaman yang didapat. Berikut ini adalah beberapa fungsi pemasaran :

Analisis Pasar

Untuk mengetahui peluang dan ancaman serta kebutuhan dan keinginan konsumen ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses kegiatan analisis pasar yaitu: analisis terhadap peluang dan ancaman, serta analisis perilaku konsumen.

Segmentasi pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda, di mana setiap kelompok mempunyai ciri yang hampir sama. Dengan melakukan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya di bidang pemasaran dapat digunakan lebih efektif dan efisien.

Menetapkan pasar sasaran

Menetapkan pasar sasaran berarti memberikan nilai keaktifan setiap bagian kemudian memilih salah satu dari bagian pasar atau lebih untuk dilayani. Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi: evaluasi bagian pasar (ukuran dan pertumbuhan bagian seperti data tentang usia nasabah, pendapatan, jenis kelamin dari setiap segmen), struktural yang menarik dilihat dari segi profitabilitas, dan sasaran serta sumber daya yang dimiliki.

Penempatan pasar

Perusahaan yang baru harus mampu melakukan identifikasi posisi pesaing yang ada sebelum menentukan penempatannya sendiri.


Perencanaan pemasaran

Aktivitas pemasaran (marketing) yang dilakukan sebuah perusahaan penting untuk dikoordinasikan dan diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan umumnya dan tujuan bidang pemasaran khususnya.

 


Nah, biasanya sebelum kita memilih konsentrasi, beberapa Universitas menerapkan kurikulum dimana sebelum mengambil konsentrasi, semua mahasiswa harus mengambil matakuliah prasyarat konsentrasi seperti mata kuliah Manajemen Pemasaran, Keuangan dan SDM. Itu semua harus diambil bersamaan, gunanya untuk memberikan mahasiswa gambaran mengenai masing-masing konsentrasi supaya mahasiswa lebih bijak dalam memilih konsentrasi.

Dalam matakuliah manajemen pemasaran , dasarnya mempelajari mengenai sifat-sifat permintaan. Sebagai berikut :

  • Permintaan Negatif
  • Nodemand (tidak ada permintaan)
  • Latent demand (permintaan tersembunyi)
  • Faltering Demand (Permintaan menurun)
  • Irregular Demand (Permintaan yang tidak teratur)
  • Full demand (Permintaan penuh)
  • Overfull demand(permintaan yang berlebihan)
  • Unwholesome demand (permintaan tidak sehat)

 

Matakuliah apa saja yang berhubungan dengan Manajemen Pemasaran sih???

1.   Manajemen Merek

Matakuliah yang mempelajari tentang suatu merek dimana fungsi pemasaran yang menggunakan strategi dan teknik untuk menganalisis dan merencanakan bagaimana merek dipersepsikan di pasar. Ini bertujuan untuk meningkatkan nilai merek yang dirasakan secara keseluruhan dalam jangka panjang dan membangun basis pelanggan setia melalui asosiasi merek yang positif. Manajemen Merek membahas Brand Personality, Brand Equity, Brand Religion, Brand Attachment, Brand Love, Brand Trust.. Pemahaman yang komprehensif akan memungkinkan mahasiswa untuk membuat strategi merek disesuaikan dengan tantangan yang unik dan kemungkinan menghadapi masalah merek setiap saat

2.   Komunikasi pemasaran

Matakuliah ini umumnya mempelajari mengenai pemahaman salah satu aspek pemasaran yaitu promosi/komunikasi pemasaran lebih mendalam. Matakuliah ini memberikan penekanan mengenai betapa pentingnya   konsep komunikasi pemasaran yanag baik untuk meningkatkan ekuitas merek, dan memengaruhi perilaku pembelian, serta membahas secara menyeluruh mengenai semua aspek program komunikasi pemasaran secara terpadu yaitu periklanan, promosi penjualan, pengemasan, penentuan merek, point of purchase, humas yang berorientasi pemasaran, sponsorship, dan personal selling.

 

3.   Perilaku Konsumen

Matakuliah perilaku konsumen merupakan matakuliah yang membhasa tentang kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yang relavan dalam proses pengambilan keputusan konsumen secara terpadu dalam strategi pemasaran. Teori prilaku untuk memahami perilaku konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengembangkan strategi Pemasaran, tipe-tipe konsumen dan segmentasi pasar, teori tentang pengambilan keputusan konsumen, strategii pemasaran, konsumerisme, Undang-undang Perlindungan Konsumen, Etika Bisnis dan tanggungjawab sosial perusahaan.


4.   Pemasaran jasa

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan yang dibutuhkan untuk menerapkan strategi jasa  demi keunggulan kompetitif di dalam industry, termasuk kerangka kerja untuk manajemen pemasaran yang berfokus pada pelanggan, dan strategi untuk meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan melalui pelayanan.


5.   Pemasaran digital

Matakuliah pemasaran Digital membahas tentang bagaimana proses pemasaran suatu produk yang dilakukan melalui sistem daring atau internet. Mempelajari cara promosi produk melalui media digital dengan harapan mampu mencapai konsumen dengan cepat, tepat, personal, dan relevan.

6.   Riset pemasaran

Matakuliah Riset pemasaran merupakan matakuliah yang mempelajari konsep, metode dan teknik-teknik dalam melaksanakan riset pemasaran. Alat analisis juga menjadi pokok bahasan dalam riset pemasaran dengan berbagai aplikasi statistic yang memanfaatkan program komputerisasi. mahasiswa akan belajar peran riset pemasaran dalam pengambilan keputusan manajemen, merumuskan permasalahan menjadi suatu desain penelitian, mendesain instrumen pengumpulan data, mengumpulkan dan menyiapkan data, melakukan analisis data menggunakan berbagai teknik statistik, hingga menuliskan dan menyajikan hasil analisis data dalam suatu tulisan ilmiah.


7.   Pemasaran strategis

Mata kuliah Strategi Pemasaran adalah mata kuliah yang membahas konsep-konsep dasar yang relevan dengan proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran, baik strategik, manajerial maupun operasional.


8.   Manajemen pemasaran Internasional

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami berbagai konsep dan metode pemasaran internasional dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum dunia. pemasaran dalam lingkup manca negara. Pemasaran Internasional berfokus pada penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen dalam rangka penyaluran ide, barang, atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai negara. Kamu juga akan mempelajari komunikasi bisnis dan manajemen lintas budaya, hukum bisnis internasional, serta belajar memahami karakteristik konsumen manca negara, serta banyak lagi pengetahuan akan bisnis dan pemasaran yang bersifat global.


9.   Bisnis Ritel

Matakuliah ini membahas bisnis yang melibatkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran. Konsumen yang membeli produk atau jasa secara eceran ini bertujuan untuk mengonsumsinya atau menggunakannya secara pribadi dan tidak menjualnya kembali.

 

Apasih Job desk dari Manajemen Pemasaran ??

Job desk atau tugas pokok dari manajemen pemasaran adalah memasarkan produk perusahaan sehingga mencapai tingkat keuntungan jangka panjang, menjamin kelangsungan hidup serta pengembangan perusahaan. Perlu kita ketahui Manajemen pemasaran tidak akan pernah terlepas dari permintaan. Seperti yang disebutkan diatas, permintaan dibagi menjadi beberapa jenis permintaan.

 

Strategi Manajemen Pemasaran yang Efektif :

  • Tentukan Tujuan dan KP
  • Identifikasi target audiens
  • Selalu melakukan Analisa data
  • Mengembangkan rencana implementasi dari strategi pemasaran
  • Selalu memantau tren terbaru

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

5 Website Penyedia Jurnal Untuk Tugas Akhir atau Skripsi