Apa itu Manajemen konsentrasi Keuangan dan apa Job desknya?

Halo… Semuanya, diblog ini kita akan membahas mengenai Manajemen Konsentrasi Keuangan. Untuk Sebagian orang tentunya ada yang tertarik dengan konsentrasi ini dan juga ada orang yang itdak tertarik karena suatu hal dan lain hal seperti susah dalam mengelola keuangan maupun rumus-rumus yang harus selalu diingat.

Nah, Manajemen keuangan adalah konsentrasi manajemen yang berfokus pada pengelolaan keuangan suatu perusahaan, mulai dari penggalian, pemanfaatan, sampai pengontrolan dana. Dalam Keuangan, kita akan belajar lebih banyak dan dalam mengenai analisis strategi dan operasi yang dapat mengoptimasi keinerja keuangan perusahaan, termasuk keputusan dan akuisisi. Konsentrasi ini akan banyak proses hitung menghitungnya, untuk orang-orang yang minat sekali dengan konsentrasi ini mereka tidak akan takut atau menyesal mengambil konsentrasi ini. Konsentrasi ini hanya perlu ketelitian  saja.

Jobdesk dari mempelajari Manajemen konsentrasi Keuangan itu dapat membawa kita menjadi seorang Manajer keuangan yang bertugas untuk mengkoordinasikan serta mengontrol aktivitas perpajakan perusahaan. Mulai dari perencanaan, pelaporan, hingga pembayarannya. Dalam manajemen keuangan tidak hanya mengawasi uang, tetapi juga melakukan aktivitas anggaran dana yang tidak menguntungkan bagi perusahan dan menggantinya dengan aktivitas yang lebih menguntungkan.




Dalam Manajemen konsentrasi Keuangan ini, tentukan kita akan memperdalam ilmu keuangan dengan beberapa matakuliah wajib berikut:

Analisa keuangan dan Pemecahan masalah

Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini tentunya membahas mengenai upaya yang dilakukan untuk mengevaluasi kelangsungan bisnis, sub-bisnis, stabilitas hingga profitabilitas perusahaan. Matakuliah ini dipelajari dengan menggunakan informasi yang didapatkan dari laporan keuangan dalam bentuk rasio setelah itu melakukan pemecahan masalah yang didapat dari hasil Analisa.


2.  Analisa laporan keuangan

Matakuliah ini masih berhubungan erat dengan matakuliah diatas, karena mengacu pada proses menganalisis kelayakan, stabilitas, dan profitabilitas organisasi, unit bisnis, atau sebuah proyek. Analisis yang dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan finansial sebuah bisnis atau perusahaan. Mata kuliah bagian dari Akuntansi, dan harus memiliki pengetahuan siklus, sistem atau proses akuntansi sebagai dasar yang sangat penting untuk menganalisa laporan keuangan sehingga dapat membuat dan mengambil suatu keputusan


3.  Pasar Uang dan Pasar Modal Indonesia

Matakuliah ini mempelajari mengenai sistem keuangan yang berhubungan dengan kegiatan perdagangan, pinjam-meminjam, atau pendanaan. Serta membuat keputusan investasi dan mengetahui sumber pendanaan yang tepat bagi perusahaan agar dapat memaksimumkan nilai perusahaan.


Analisis Sekuritas Ekuitas

Matakuliah ini akan mempelajari mengenai Saham. Dimana berbentuk kepemilikan yang dipegang oleh pemegang saham pada suatu entitas tertentu, contohnya pada suatu perusahaan, yang didapatkan dalam wujud saham meliputi saham biasa dan saham preferen.


Penganggaran Perusahaan

Mata kuliah Penganggaran Perusahaan ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengertian yang berkaitan dengan penganggaran dan bagaimana menerapkannya pada dunia bisnis praktis. Pada bagian awal diketengahkan filosofi anggaran dan konsep-konsep dasar anggaran serta implementasinya.


Manajemen Keuangan Internasional

Mata kuliah Manajemen Keuangan Internasional mempelajari beberapa aspek pengelolaan keuangan yaitu: modal kerja, capital budgeting, biaya modal dan struktur modal dalam perspektif perusahaan multinasional. Ruang lingkup utama dari pengambilan keputusan manajemen keuangan internasional meliputi keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen. Jenis transaksi yang ditangani dalam manajemen keuangan internasional antara lain ekspor, impor dan pasar valuta asing.


Manajemen Investasi

Mata kuliah ini membahas Investasi, dasar-dasar manajemen investasi, pengelompokan aset dan instrumen keuangan, fungsi ekonomi dari pasar keuangan, pasar derivatif, mekanisme perdagangan, resiko dan tingkat pengembalian, konsep portofolio, teori pasar modal, bentuk pasar modal yang efisien, faktor-faktor yang mempengaruhi pengembalian sekuritas, capital asset pricing model dan lain-lain. Semua hal yang berkaitan dengan keuangan maupun investasi akan banyak dibahas didalam matakuliah ini.


Manajemen Hutang dan Aktiva

Matakuliah ini akan membahas secara dalam mengenai Hutang dan Aktiva yang tentunya sebelum matakuliah ini telah dibahas dimatakuliah sebelumnya. Bahkan sebelum matakuliah wajib konsentrasi.


Manajemen Keuangan Daerah

Mata kuliah ini membahas perkembangan keuangan daerah di Indonesia dan reformasi pengelolaan keuangan daerah termasuk beberapa Peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan Keuangan Daerah. Mata kuliah ini juga membahas new public management, reinventing government, termasuk Issu-issu keuangan daerah terkini seperti inovasi pengelolaan keuangan daerah. Matakuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan dalam menganalisis dan mengevaluasi seluruh tahapan dalam pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan termasuk langkah-langkah strategis PEMDA dalam melakukan inovasi-inovasi di bidang pengelolaan keuangan daerah.

Setiap konsentrasi manajemen tentunya memiliki tujuannya masing-masing loh, untuk manajemen Keuangan sendiri memiliki tujuannya sendiri sebagai berikut :

  • Menjaga Arus Kas
  • Memaksimalkan Keuangan Perusahaan
  • Mempersiapkan Struktur Modal
  • Memaksimalkan Keuntungan
  • Meningkatkan Efisiensi
  • Mengoptimalkan Kekayaan Perusahaan
  • Mengurangi Resiko Operasional
  • Memastikan Kelangsungan Kehidupan Perusahaan
  • Mengurangi Biaya Modal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

5 Website Penyedia Jurnal Untuk Tugas Akhir atau Skripsi