Pentingnya Kemampuan Berkomunikasi Bagi Mahasiswa

Komunikasi adalah suatu cara manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. Transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi (Bernard Berelson dan Gary A. Steiner). Komunikasi adalah aspek penting dalam kehidupan manusia, tidak heran kita selalu mencari cara untuk berkomunikasi apapun halangannya.

 



Kemampuan komunikasi adalah suatu kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi, gagasan, emosi dan sebagainya dengan baik sehingga penerima dapat memahami dengan mudah apa yang telah disampaikan. Orang dengan kemampuan komunikasi yang baik juga dapat membuat penerima nyaman ketika mendengar, melihat atau membaca hal yang sedang disampaikan.

 

Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Berikut adalah alasan pentingnya kemampuan berkomunikasi bagi mahasiswa :

 

1.     1. Menunjukan kualitas sebagai mahasiswa

Kemampuan seseorang dalam berkomunikasi juga dapat dijadikan sebagai penilaian kualitas seseorang. Di tengah kuatnya persaingan antar mahasiswa, kemampuan komunikasi sangatlah menonjol dalam membuktikan kualitas seorang mahasiswa.

 

2.     2. Berkomunikasi dengan dosen

Dalam berkomunikasi dengan dosen penggunaan bahasa harus baik. Belum lagi ada beberapa dosen yang menuntut mahasiswanya untuk menggunakan bahasa yang formal dan baku setiap kali berkomunikasi dengannya. Kita yang tidak terbiasa akan hal itu mungkin akan kesulitan dan membutuhkan latihan untuk membiasakan diri.

 

3.     3. Menambah karisma

Orang dengan kemampuan komunikasi yang baik akan terlihat lebih pintar, bijak dan berpendidikan tinggi. Orang-orang akan memandang lebih tinggi dan respect dihadapan orang yang berkemampuan komunikasi yang baik.

 

4.     4. Menambah relasi

Orang yang berkarisma tinggi berkemungkinan tinggi akan dijadikan seorang pemimpin dan memiliki pengikut. Kemampuan komunikasi yang tinggi juga dapat mempermudah dalam berkenalan dengan orang baru dan membuat orang lebih percaya kepada anda sehingga orang lain ingin memiliki hubungan relasi dengan anda

 

5.     5. Gampang beradaptasi

Setiap memasuki lingkungan baru secara otomatis kita akan bertemu dengan orang baru juga. Dengan kemampuan dalam membuat relasi maka akan mempermudah mahasiswa dalam beradaptasi di lingkungan yang baru. 

 

Begitulah alasan mengapa pentingnya kemampuan komunikasi bagi mahasiswa. Latihlah kemampuan berkomunikasi anda, setiap tempat dan setiap orang adalah wadah bagi anda untuk melatih kemampuan komunikasi anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

5 Website Penyedia Jurnal Untuk Tugas Akhir atau Skripsi