Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa
Apa itu manajemen waktu?
Waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses,
perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung, tidak seorang pun tahu apa
yang akan terjadi pada waktu yang akan dating(KBBI). Sedangkan manajemen
waktu adalah bagaimana cara kita mengatur dan mengelola waktu yang
kita miliki untuk berbagai aktivitas agar memaksimalkan produktivitas untuk
mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Waktu adalah salah satu sumber daya yang tidak bisa
direproduksi dan tidak dapat diambil alih. Waktu yang sudah terlewat tidak bisa
diulang lagi dan juga dipercepat. Oleh karena itu adanya manajemen waktu agar
kita dapat memanfaatkan dengan maksimal waktu yang kita miliki.
Apa manfaat dari manajemen
waktu
Sebagai mahasiswa tentunya kita memiliki jadwal yang sibuk. Dengan
manajemen waktu yang buruk jadwal kita akan tertanggu sehingga ada aktivitas yang
terlambat, tertunda bahkan tidak dilakukan sama sekali. Oleh karena itu,
manajemen waktu sangatlah penting untuk dimiliki mahasiswa karena manajemen waktu
yang baik dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1. 1)Meningkatkan produktivitas
Manajemen waktu yang baik adalah
memanfaatkan setiap waktu yang kita miliki dengan semaksimal mungkin. Dengan manajemen
waktu, produktivitas dapat meningkat karena tidak ada lagi waktu yang tidak terpakai
untuk hal yang sia-sia.
2.
2)Tidak menunda-nunda lagi
Tidak ada lagi kata nanti jika mahasiswa
dapat memanajemen waktunya dengan baik. Setiap aktivitas dilakukan langsung
sesuai yang sudah direncanakan. Dengan ini mahasiswa dapat mengumpulkan
tugas-tugasnya dengan tepat waktu
3. 3)Lebih banyak waktu luang
Mahasiswa yang memanajemen waktu yang baik
juga memperhatikan ketepatan waktu dalam melakukan suatu aktivitas. Jika sudah menyusun
semua rencana dengan baik, tanpa disadari pasti banyak tersisa waktu luang yang
tersedia.
4.
4)Kualitas tidur lebih baik
Mahasiswa juga harus memperhatikan waktu tidur mereka. Tidur 7-8 jam sehari sudah cukup untuk kebutuhan manusia. Dengan manajemen waktu yang baik, jam tidur tidak akan tertanggu lagi dengan tugas-tugas kuliah.
5.
5)Mengurangi stress dan kecemasan
Ketika mahasiswa tidak dapat memanajemen waktu yang dimilikinya dengan baik, biasanya akan mudah lelah dan kewalahan, mengerjakan tugas lebih lama dan tugas yang menumpuk, dan jadwal yang kacau dan bertabrakan. Dengan menumpuknya beban seperti diatas dapat meningkatkan tingkat stress dan
kecemasan mahasiswa. Jika mahasiswa dapat memanajemen waktu dengan baik,
masalah diatas dapat tertasasi sehingga tingkat stress dan kecemasan tidak akan
naik.
6.
6)Hidup lebih teratur rapi
Manajemen waktu yang baik dapat membuat kegiatan lebih teratur dan rapi. Hal ini akan membuat aktivitas-aktivitas yang dilakukan akan terasa mudah
Tips-tips manajemen waktu
Ada beberapa tips untuk mahasiswa agar dapat manajemen waktu
dengan baik, adalah sebagai berikut :
-
a)Menyusun terlebih dahulu rencana atau daftar
kerja yang akan dilakukan
-
b)Menentukan prioritas, mana yang lebih utama
dikerjakan dan apa yang tidak perlu dilakukan
-
c)Realistis. Sesuaikan dengan kemampuan diri
sendiri jangan terlalu memaksa
-
d)Disiplin dan konsisten dalam manajemen waktu
-
e)Fokus terhadap hal yang sedang dilakukan dan
tidak menunda-nunda lagi
-
f)Tegas pada diri sendiri
Kesimpulan
Manajemen sangatlah penting bagi mahasiswa terutama yang
memiliki kepadatan jadwal. Dengan manajemen waktu yang baik, mahasiswa dapat
melakukan dan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Produktivitas seorang
mahasiswa juga dapat meningkat jika memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen
waktu juga dapat bermanfaat untuk Kesehatan fisik dan mental mahasiswa. Dengan tubuh
yang sehat, mahasiswa dapat menjalankan kuliahnya dengan baik.
Komentar
Posting Komentar