MOBA SHS : Meningkatkan Intelektualitas Pelajar Menengah Atas Dalam Menghadapi Persaingan di Kancah Nasional

MOBA SHS : Meningkatkan Intelektualitas Pelajar Menengah Atas Dalam Menghadapi Persaingan di Kancah Nasional

Manajemen Basic Olympiad Senior High School atau lebih singkatnya MOBA SHS, merupakan kegiatan lomba cerdas cermat yang dilaksanakan oleh HIMAJEN dan merupakan program kerja dari salah satu bidang HIMAJEN yaitu bidang keilmuan. MOBA SHS merupakan progja baru dari HIMAJEN dan baru 2 kali dilaksanakan didalam tahun yang sama.

Latar belakang program kerja MOBA SHS ini adalah siswa sebagai generasi muda memiliki potensi untuk senantiasa mengembangkan pemikiran dan sikap kritis, dinamis, serta idealis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas dunia pendidikan. Tujuan dari program kerja ini adalah mengasah potensi yang dimiliki oleh siswa-siswi SMA/Sederajat.

MOBA SHS itu sendiri adalah kegiatan lomba yang diikuti sekolah sekolah yang ada di Pontianak dan sekitarnya yang dimana setiap sekolah hanya diperbolehkan mengikut sertakan 2 tim saja dalam satu sekolah sesuai dengan ketentuan panita.

Dalam lomba ini, sekolah sekolah yang menjadi peserta lomba harus mengisi soal soal untuk menguji pengetahuan mereka. Adapun soal soalnya yaitu tentang Matematika dasar, akutansi dasar, manajemen dasar dan lainnya. Pada tahun ini MOBA SHS dilaksanakan 2 kali pada bulan Februari dan bulan November pada tanggal 24 November kemarin di ruang B19 dan B20 di fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Sebelum hari H kegiatan MOBA SHS, seluruh panitia menyebarkan pamphlet ke semua SMA/Sederajat yang ada di Pontianak dan juga melakukan kegiatan sosialisasi untuk memperkenalkan kegiatan MOBA SHS ini. Selama seminggu penuh panitia melakukan sosialisasi ke SMA/Sederajat di Pontianak. Dan akhirnya total tim yang mendaftar berjumlah 10 tim.

Pada hari kegiatan, seluruh panitia berkumpul untuk melakukan briefing yang dilakukan 1 jam sebelum acara dimulai untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan dilaksanakan pada hari H MOBA SHS. Pada pembukaan dihadiri Ketua prodi Jurusan Manajemen, dan ketua umum HIMAJEN serta wakil dekan 3 sekaligus membuka acara MOBA pada tanggal 24 November 2019.
Lomba MOBA SHS memiliki 3 sesi yaitu sesi pilihan ganda, benar atau salah dan siapa cepat. Untuk pembagian waktu pada sesi tersebut dilakukan sesuai roundown acara yang sudah ditetapkan oleh kepanitiaan. Dan pada sesi ke 3 yang merupakan sesi final  terdapat 4 tim yang lolos dari 4 tim tersebut  terdapat 3 sekolah yang saling memperebutkan juara yaitu SMK 3 (Tim A & Tim B), SMA Petrus (Tim A) dan SMA Immanuel (Tim B).

Sesi siapa cepat berlangsung dengan sangat seru juga menegangkan dikarenakan masing-masing sekolah berusaha dengan cepat untuk menjawab soal yang ditanyakan juri, bahkan ada yang telah membunyikan bel sesaat sebelum juri selesai membacakan soal.
Dan setelah selesai sesi ke 3, para peserta diijinkan meninggalkan ruangan untuk melihat lihat fakultas kami tercinta yaitu fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura sembari menunggu hasil keputusan juri siapa yang akan menjadi juara 1, 2 dan 3.

Setelah beberapa  menit peserta kemudian masuk kembali ke tempat perlombaan tersebut diadakan untuk mendengarkan hasil keputusan juri.
Pemenang lomba pada 24 November 2019 ialah SMK 3 Pontianak yang menjadi juara pertama. Setelah pengumuman, masuklah ke sesi pembagian hadiah. Juara 1, 2 dan 3 memperoleh piala, sertifikat juara, finalis dan peserta. Serta uang hadiah berjumlah jutaan rupiah. Sedangkan bagi peserta yang gagal meraih juara dibabak final hanya memperoleh sertifikat finalis dan peserta. Serta peserta yang tidak lolos ke babak final hanya memperoleh sertifikat sebagai peserta.

Kesuksesan acara MOBA SHS tanggal 24 November 2019 tidak lain dan tidak bukan adalah hasil kinerja nyata dari keseluruhan panitia yang ikut andil kerja keras dalam mensukseskan acara tersebut dari awal pembentukan panita hingga akhir evaluasi acara.


Mungkin sekian yang dapat saya tuliskan dalam blog kali ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan tempat, nama atau gelar saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

5 Website Penyedia Jurnal Untuk Tugas Akhir atau Skripsi