JEFCO 2019 : GIVE YOUR SPORTIFITY AND TAKE YOUR GLORY

Jefco 2019 : Give Your Sportifity And Take Your Glory

Management Futsal Competition atau yang lebih dikenal sebagai JEFCO adalah agenda tahunan HIMAJEN yang merupakan program kerja dari bidang Seni Budaya dan Olahraga (SENIBOR) dalam merayakan bertambahnya usia HIMAJEN. Latar belakang JEFCO sendiri pun adalah banyaknya minat mahasiswa dibidang olahraga , terutama futsal sehingga terwujudnya dilaksanakannya kegiatan JEFCO. Tujuan dari JEFCO itu sendiri yaitu mengembangkan potensi mahasiswa ekonomi dan bisnis dalam bidang olahraga serta menjalin silahturahmi sesama mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis.
JEFCO 2019 tahun ini diselenggarakan pada 19 Oktober 2019 di lapangan Futsal MDM.  Hari pertama JEFCO dimulai pukul 1 siang dengan berawal dari briefing panitia yang akan rutin diadakan setiap satu jam sebelum acara atau pertandingan akan dimulai selama 13 hari JEFCO berlangsung. Pada pembukaan hari pertama dihadiri oleh staff Wadek 3, Wakil Gubma FEB, Ketua Umum FEB, dan Sekretaris Jurusan untuk meberikan kata sambutan sekaligus membuka acara atau pertandingan oleh Pak Romi selaku staff Wadek 3. Disahkan dengan tendangan bola ke gawang oleh Sekretaris Jurusan, Pak Heriyadi. Lalu dilanjutkan dengan persembahan tari tradisional dan akustik musik yang dimeriahkan oleh mahasiswa baru 2019.

JEFCO sendiri diikuti oleh 28 tim yang terdiri dari mahasiswa FEB UNTAN. Tidak hanya diikuti oleh mahasiswa, kegiatan JEFCO ini juga diikuti oleh dosen dan karyawan FEB UNTAN. Pertandingan pertama pada tanggal 19 Oktober 2019 dimulai pada pukul 4 sore yang terdiri dari dua pertandingan. Hari selanjutnya JEFCO dimulai dari pukul 2 siang dan berakhir pukul 7 malam.
JEFCO berlangsung selama 13 hari, walaupun terlihat seperti aman-aman saja, sebenarnya banyak kendala yang dialami oleh panitia dari awal pendaftaran hingga hampir final. Tapi, semua permasalahan mampu dihadapi dan diselesaikan oleh pihak panitia. Ini semua berkat kerjasama para panitia yang mampu menangani permasalahan yang terjadi dari awal pendaftaran sampai akhir acara.

Selain itu, terdapat kendala-kendala yang tidak dapat dihindari yaitu seperti hujan lebat yang disertai angin kencang yang membuat panitia sedikit kerepotan, untuk memindahkan segala perlengkapan yang berada diluar ruangan lapangan. Tetapi, hal tersebut tidak membuat panitia lalai dan pertandingan tetap berjalan tanpa adanya penguduran waktu.

Selama berjalannya pertandingan, banyak supporter yang datang untuk memberikan dukungan ke tim kebanggaannya. Memasuki babak 8 besar, antusias pendukung semakin terasa. Tribun lapangan futsal MDM semakin ramai dan dipenuhi oleh para pendukung tim masing-masing. Semakin ramai para pendukung, semakin penuh juga parkiran lapangan futsal MDM. Sampai sempat membuat bidang keamanan kerepotan, tapi syukurnya semua dapat diatasi oleh bidang keamanan itu sendiri. Mulai dari meminjam halaman rumah yang bersebelahan dengan lapangan futsal MDM dan juga lapangan volley untuk mengatasi masalah kurangnya lahan parkir motor untuk para pendukung yang datang.


Tim yang berhasil masuk ke semifinal pada hari ke 12 yaitu, CECEAAHH’19 melawan MASKAR dan juga THE CEMEN melawan S.PARMAN. Pertandingan semifinal dimulai dari pukul 3 sore hingga 5 sore. Pertandingan pertama dimenangkan oleh CECEAAHH’19 yang mengantarkan tim ini menuju final untuk merebutkan juara 1 dan 2. Pertandingan kedua dimenangkan oleh S.PARMAN yang membuat tim ini akan bertemu CECEAAHH’19 untuk merebutkan juara 1 dan 2.

Pertandingan hari terakhir atau final dilaksanakan pada hari Jum’at, 1 November 2019. Dimulai dari briefing panitia pukul 2 siang dan dilanjut pertandingan MASKAR melawan THE CEMEN untuk memperebutkan juara 3 dan 4. Pertandingan ini dimenangkan oleh MASKAR. Pertandingan terhenti sementara dari pukul 4 sore sampai 6 sore. Setelah itu dilanjutkan closing ceremony dari pukul 6 sore hingga setengah 8 malam. Closing ceremony terdiri dari beberapa penampilan yang dipersiapkan untuk memeriahkan penutupan JEFCO 2019 yaitu, dance modern dan flashmob dari mahasiswa baru 2019, kontemporer dari UKM Seni OIKOSNOMOS , kata sambutan dari sekretaris jurusan, ketua umum HIMAJEN dan ketua panitia JEFCO 2019.

Pertandingan terakhir untuk memperebutkan juara 1 dan 2 oleh tim CECEAAHH’19 dan S.PARMAN. Saat pertandingan terakhir ini, suasana tribun benar-benar luar biasa. Tribun atas dan bawah dipenuhi oleh pendukung dari kedua tim ini. Teriakan pendukung terdengar sangat jelas bahkan dari luar sekalipun. Pertandingan terakhir benar-benar meriah sekali. Pertandingan ini dimenangkan oleh tim CECEAAHH’19 diikuti oleh teriakan pendukung tim ini yang tidak berhenti. Selesai pertandingan, langsung dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk ketiga tim yang memenangkan pertandingan.

Selesai pertandingan, saat semua peserta sudah meninggalkan lapangan. Seluruh panitia berkumpul untuk evaluasi acara selama 13 hari. Saat seluruh panitia sedang evaluasi, pengurus HIMAJEN menyusun “saprahan” untuk mengapresiasi kinerja panitia yang telah merelakan waktu dan tenaganya demi kelancaran JEFCO 2019. “saprahan” ini juga memupuk dan mengikat erat tali silaturahmi sesama keluarga besar HIMAJEN.

Dan selesailah kegiatan JEFCO 2019, dengan adanya kegiatan ini HIMAJEN berharap dapat mempererat tali silahturahmi antar keluarga besar HIMAJEN.

Mungkin sekian yang dapat saya tuliskan dalam blog kali ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan tempat, nama atau gelar saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

5 Website Penyedia Jurnal Untuk Tugas Akhir atau Skripsi