Pembinaan Maba MJ 2019 : Awal mahasiswa baru manajemen menjadi keluarga HIMAJEN


Pembinaan Maba MJ 2019 : Awal mahasiswa baru manajemen menjadi keluarga HIMAJEN

Pembinaan Mahasiswa baru merupakan agenda tahunan HIMAJEN untuk menyambut adik-adik baru. Dan tahun ini pun, kegiatan ini kembali dilaksanakan dengan tema “Regenerasi mahasiswa yang berjiwa organisatoris dengan menumbuhkan loyalitas dan solidaritas berdasarkan prinsip kekeluargaan”.  Maksud dari tema ini adalah agar mahasiswa baru Manajemen menanamkan loyalitas dan solidaritas untuk Manajemen serta rasa kekeluargaan di lingkungan mahasiswa baru atau dengan senior.

Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 21 September 2019, dari pukul 8 pagi sampai 5 sore dan bertempat di Kampus Hijau FEB. Dihadiri oleh 3 pemateri yang berpengalaman dibidangnya yaitu ada Yong Arifin, S.E , Rio Eko Chandra dan Kamarullah, S.T.  
Diawali dengan kedatangan mahasiswa baru pada pukul 7 pagi. Mahasiswa baru berbaris di depan perpustakaan FEB UNTAN. Kaderisasi pun mengecek perlengkapan wajib yang dibawa oleh mahasiswa baru seperti roti, air minum, alat solat dan perlengkapan lainnya yang menjadi penunjang mahasiswa baru dalam pembinaan ini. Setelah itu mahasiswa baru diarahkan untuk memasuki ruangan. Sembari menunggu para tamu undangan hadir, para mahasiswa baru pun dipersilahkan untuk menyantap sarapan yang sudah mereka bawa dari rumah.
Setelah seluruh tamu undangan telah hadir dan situasi di dalam ruangan sudah terkondosikan, Maisya Olivia dari bidang keilmuan HIMAJEN selaku mc pun mulai membuka acara. Dan tidak lupa juga untuk membaca doa, supaya seluruh kegiatan pada hari itu dapat berjalan dengan lancar.  Karena ingin menambahkan rasa cinta terhadap Negeri ini, semua yang berada dalam ruangan dipersilahkan untuk berdiri dan menyanyikan lagu wajib nasional “Indonesia Raya”.  Kemudian, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari para tamu undangan yaitu  Ketua Umum HIMAJEN periode 2019/2020, Ketua Jurusan Manajemen, Gubernur Mahasiswa FEB UNTAN, dan Wakil Dekan Alumni dan Kemahasiswaan.

Acara pun dilanjutkan dengan penampilan video dari HIMAJEN sembari menanti pemateri pertama datang.  Setelah itu , pemateri pertama datang memberikan materi mengenai kewirausahaan. Dalam materi tersebut pemateri menyampaikan mengenai peran mahasiswa khusus nya fakultas ekonomi dan bisnis agar memiliki jiwa kewirausahaan, tidak hanya kepandaian dalam akademisi. Hal ini akan dirasakan oleh mahasiswa pada saat pasca sarjana. Karena bukti dilapangan menyatakan banyak sekali sarjana yang menganggur diakibat kurangnya lapangan pekerjaan. Lalu dilanjutkan oleh pemateri kedua mengenai kepemimpinan, manajemen dan organisasi. Dalam hal ini kepemimpinan, manajemen dan organisasi merupakan suatu system yang tidak dapat berdiri sendiri dan tidak dapat terpisahkan. Sebelum dilanjutkan oleh pemateri ketiga, acara diselingi oleh pemberian bekal oleh UKM FORMASI mengenai lomba pekan raya ilmiah dan  program kreatifitas mahasiswa. Sehubungan dengan masuknya waktu dzuhur, mahasiswa baru diarahkan untuk menunaikan ibadah sholat bagi yang muslim, sedangkan yang beragama non muslim dikumpulkan kedalam satu ruangan untuk beribadah sesuai kepercayaan mereka masing-masing. Setelah selesai waktu sholat, mahasiswa baru pun kembali keruangan untuk menyantap makan siang yang telah mereka siapkan dari rumah masing-masing

Setelah itu pemateri ketiga masuk membahas materi mengenai pentingnya motivasi dalam berorganisasi bagi mahasiswa. Dari oraganisasi inilah kita dilatih mengenai kepemimpinan. Yang tadinya gugup ketika berbicara didepan orang banyak, maka di organisasilah dilatih untuk itu. Kita juga dapat menjadi mahasiswa yang kritis. Sebagai mahasiswa yang intelektual kita harus kreatif dan inovatif. Berbeda dengan orang yang tidak pernah mengikut organisasi. Berorganisasi sangat banyak memberikan manfaat, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu atau kuliah pulang kuliah pulang. Kita juga harus memberikan dampak positif untuk diri kita sendiri dan orang lain.

Memasuki acara terakhir yaitu pemilihan danjen 2019, atau komandan jendral. Danjen ini adalah sebutan untuk ketua angkatan jurusan manajemen, dalam HIMAJEN kami menyebutnya sebagai danjen. Dalam pemilihan danjen ini, dari pihak HIMAJEN membebaskan para mahasiswa baru untuk mengajukan diri sendiri untuk menjadi calon danjen 2019. Pada saat itu ada 10 orang calon danjen yang mengajukan diri sendiri. Dari HIMAJEN sendiri dalam pemilihan danjen menggunakan sistem voting atau pengambilan suara. Para calon danjen menyampaikan visi dan misi masing-masing agar terpilih menjadi danjen. Setelah itu, dilakukan voting atau pengambilan suara, dan suara terbanyak akan menjadi danjen angkatan 2019. Dan yang terpilih adalah Erwin Juliansah dari Manajemen Kelas D.

Dan selesailah agenda Pembinaan Mahasiswa Baru 2019 pada hari itu. HIMAJEN berharap apa yang telah disampaikan dalam kegiatan tersebut dapat menjadi pedoman dikampus hijau FEB UNTAN, dan juga modal awal untuk mahasiswa baru yang ingin berorganisasi.

Mungkin sekian yang dapat saya tuliskan dalam blog kali ini, jika ada kesalahan dalam penulisan tempat, nama atau gelar saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANFAS 2024 : A Colorful West Borneo : "Ethnic Culture and Creativity Charity Night"

YUK INTIP APA SIH LINKEDIN ITU? APA SAJA MANFAATNYA BAGI KAMU KAUM MAHASISWA DAN TIPS BAGI KAMU AGAR LINKEDIN KAMU TERLIHAT MENARIK SAAT DILIHAT ORANG !!

5 Website Penyedia Jurnal Untuk Tugas Akhir atau Skripsi